Tentang

“SEJARAH SYEKHERMANIA”
Sebelumnya dari penulis atau yang punya gagasan (Inisiator) menyampaikan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar besarnya. bilamana dalam penyampaian nanti sekira kurang bijak dan ada sesuatu yang kurang berkenan di hati pembaca.

SYEKHERMANIA adalah nama sebuah Komunitas Pecinta Al Habib Syekh Bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo Jawa Tengah Indonesia. Beliau adalah Pengasuh Majlis Dzikir, Ta’lim dan Sholawat “AHBAABUL MUSTHOFA”. Dalam cara Beliau berdakwah kecuali dengan mengajak Jama’ahnya dalam berDzikir mendekatkan diri dan mencintai ALLAH Subhanahu wa ta’alaa. juga dengan membaca Sholawat secara bersama sama untuk menyanjung dan mencintai Baginda Nabi MUHAMMAD Shollallahu ‘alaihi wa sallam.

“Segala sesuatu bisa di ambil kemanfa’atannya, walaupun itu terkesan kurang baik di awalnya. sebagaimana sarana internet dengan dunia mayanya. bila bisa mengambil hal positif di dalamnya, pastilah besar manfa’at dan hikmahnya, pun bisa kita gunakan sebagai sarana Dakwah. namun jika sebaliknya, madhorotlah yang akan di dapatnya”.

Awal mula Syekher Mania atau Syecher Mania berdiri.
Bermula dari Inisiator dengan apa yang dia bisa “bisa tapi sebisanya” berkecimpung di dunia Blogger. dengan membuat sebuah Web Blog “Ahbaabul Musthofa” daerah Purwodadi Kabupaten Grobogan jawa Tengah. saat itu berbarengan juga (lebih dulu) dengan di buatnya Blog “ahbaabul musthofa Pusat” solo, yang sebagai Adminnya adalah Habib Hasan Faiq Al Habsyi. Karena pengunjung Blogger terbatas hanya tertentu kepada pemakai PC atau komputer. saat itu bila belum mempunyai Komputer untuk membuka website musti ke warnet tentunya. setelah beberapa lama, maka Inisiator pun mencoba dengan membuat akun profile di Facebook. Karena Facebook kecuali mudah untuk menjadi anggota, juga bisa di akses oleh para pengguna Selluler atau HP. dengan maraknya pengguna Fasilitas pertemanan di internet tersebut. oleh rekan rekan Jama’ah AM (singkatan dari AHBAABUL MUSTHOFA) yang tanggap dengan kesempatan, di manfa’atkanlah jaringan itu untuk saling berkomunikasi dan memberi informasi kegiatan Majlis AHBAABUL MUSTHOFA antara daerah satu dengan lainnya. Kecuali dengan cara membuat profile pribadi, mereka juga membuat Group Facebook dengan memakai nama “Ahbaabul Musthofa”, Hmm… termasuk Inisiator sendiri saat itu. Hal itu sebagai cara mereka untuk menunjukkan kepada yang lain, bahwa keberadaan AM juga ada di daerahnya (Ma’lum saat itu FB Resmi AM PUSAT ataupun AM Daerah/Kabupaten belum dilounchingkan).

Memang dengan adanya group group tersebut, sangatlah bermanfa’at. terlebih bagi jama’ah setempat yang ingin mengetahui jadwal kegiatan pengajian AM bersama Al Habib Syekh AA yang sudah besar dan merata, khususnya di daerah Jawa Tengah. tetapi lama kelamaan banyak Goup Facebook AM yang baru bermunculan, pun nama yang sama dalam satu daerah dengan pemilik yang berbeda. dengan semakin bertambah banyaknya group itulah, ada kesan ‘saling bersaing’ dalam menyampaikan informasi ataupun pesan status.

oleh karena itu dari Inisiator (yang kebetulan juga, waktu itu merupakan Ketua AM Kab.Grobogan) punya gagasan untuk membuat sebuah ‘Halaman atau Group Facebook’ yang baru dengan nama lain. dengan tujuan agar supaya bisa mengurangi atau menghilangkan kesan ‘saingan’ sesama Jama’ah AM. lebih lebih bisa melaksanakan dan merealisasikan dawuh beliau Al Habib Syekh AA yang sering menyerukan kepada semua jama’ah untuk selalu dalam ‘KEBERSAMAAN’.
Sudah pasti…, sebelum membuat NAMA sebuah HALAMAN Facebook, oleh inisiator punya beberapa pertimbangan. sebagiannya yaitu:
1. Tidak mungkin memakai nama “AHBAABUL MUSTHOFA”, karena AM pusatlah yang berhak dengan nama itu.
2. Nama yang bisa menjadi underbow atau menjadi bagian dari kegiatan AM.
3. Nama yang sifatnya menyeluruh Jama’ah AM bukan individu atau daerah.
4. Nama yang bisa mudah dan akrab disesuaikan dengan keberadaan zaman.
5. Nama yang mudah di terima oleh Jama’ah yang baru atau akan bergabung, khususnya kawula muda.
karena kurang lebih dari ribuan jama’ah AM, 75% nya di dominasi oleh kalangan muda.
Perlu di ketahui, bahwa saat ini bila mengajak saudara atau teman untuk kegiatan Religi termasuk bersholawat mereka enggan. terlebih kawula muda ‘wong enom’ biasanya kalau di ajak dengan bahasa yang langsung menjurus seperti kata: “Sholawatan yuk …!”. mereka akan enggan bahkan gengsi atau malu. tetapi kalau kita mengajak dengan bahasa atau nama yang sifatnya lebih umum sesuai dengan apa yang lagi rame (ngetrend) mereka akan mau dan datang dengan ringan hati. apalagi sholawatnnya bareng dengan Al Habib Syekh AA, Sosok figur yang mempunyai aura dan magnet / daya tarik yang tinggi. karena kecuali suara emasnya Beliau dalam melantunkan Maulid & Qashidah juga dalam penyampaian dakwah/ tausyiyahNya yang mudah di terima. tidak hanya itu, pun setiap do’a yang beliau bacakan tanpa terasa uraian air matapun berlinang. banyak jama’ah yang hadir di majlis beliau, mereka merasakan akan hal itu.
Akhirnya pada Awal bulan November 2009 M, Inisiator membuat atau menentukan sebuah nama untuk halaman facebook, yaitu dengan nama:
“SYEKHER MANIA CLUB (PECINTA HABIB SYEKH BIN AA)”.
Isi dari halaman FB tersebut, kecuali menyampaikan berita yang berkaitan dengan kegiatan AlHabib Syekh AA dengan AM PUSAT nya, juga menampung kegiatan AM dari berbagai daerah, baik informasi, jadwal ataupun hal lain untuk di relay ke anggota FB tersebut. ternyata rekan rekan Jama’ah AM yang mempunyai akun facebook juga Rekan yang baru tahu tentang keberadaan AM banyak yang bergabung & merespon dengan baik. Karena atas munculnya Halaman FB ini selalu mengedepankan ‘kebersamaan’. Sampai saat ini yang bergabung di FB “SYEKHER MANIA CLUB (PECINTA HABIB SYEKH BIN AA)” sudah mencapai lebih dari 30.000 anggota.
Tentang nama yang terkesan agak ‘Ngetrend’ tersebut, oleh Inisiator awal dulu pernah/sempat matur kepada Beliau Al Habib Syekh AA. Inisiator juga mohon maaf kepada Beliau, karena dirinya merasa telah membuat nama atau istilah yang setelah di angan angan ‘kurang pas’ atau ‘kurang sopan’. tetapi Beliau tidak mempermasalahkan, malahan Beliau mendukung dan merestui. tidak hanya itu, sering kali beliau menyampaikan sebuah pesan, do’a, dawuh dawuh serta Ucapan setiap ada peringatan hari besar islam maupun hal hal lain lewat FB tersebut.

SYEKHERMANIA bermula dari awal/pertengahan 2009, namun pada akhirnya Tanggal 09 November 2009 ditentukan sebagai tanggal didirikannya SYEKHERMANIA. Wal hasil… Karena banyaknya Group yang bermunculan dengan nama AM , dan adanya reaksi akan hal hal yang tidak etis dari pesan dan kata status yang di sampaikan oleh Group group tersebut. juga karena sudah menyangkut nama baik “AHBAABUL MUSTHOFA”. Akhirnya atas intruksi Al Habib Syekh AA, Maka Inisiator dapat dawuh untuk membuat FB RESMI AM, mulai dari AM PUSAT hingga AM Daerah/Kabupaten.

Setelah perjalanan waktu yang belum begitu lama, istilah “SYEKHER MANIA CLUB (PECINTA HABIB SYEKH BIN AA)” itupun lebih di kenal dengan sebutan “SYEKHERMANIA”. semacam UnderBow dari Majlis Ta’lim dan Sholawat “AHBAABUL MUSTHOFA”. juga menjadi sebuah nama kebesaran dan kebanggan bagi ribuan Pecinta Al Habib Syekh AA, khususnya para kawula muda yang selalu mengikuti kegiatan beliau di manapun berada. tak ayal berbagai atribut pun muncul layaknya suporter bola mania. seperti membawa/ mengibarkan bendera di sepanjang perjalanan dari rumah sampai majlis pengajian. tetapi sayangnya, di dalam majlis mereka juga mengibarkan bendera yang ukurannya besar. dan saking banyaknya yang membawa atribut tersebut sehingga menggangu jama’ah lain yang hadir, terlebih yang ada di belakang. oleh karena itu, Beliau selalu menghimbau kepada Jama’ah yang membawa Bendera untuk tidak mengibarkan saat acara berlangsung, terlebih di dalam masjid. Silahkan bila luar Majlis atau di perjalanan, asalkan selalu menjaga sopan santun dan mengikuti aturan tata tertib lalu lintas. karena hal itupun ada manfa’atnya juga, kecuali sebagai motivator jama’ah juga untuk syi’ar di lapangan.

Sekali lagi…, dengan munculnya “SYEKHERMANIA” ataupun nama lain, yang hampir sama dengan “SYEKHERMANIA” karena reaksi spontan para ‘Syekher’. Inisiator Mohon ma’af yang sebesar besarnya kepada Semua Jama’ah bila ada hal hal yang mungkin kurang berkenan di hati.

Yang pasti maksud dan tujuan Inisiator adalah nderekke dawuh Beliau AL HABIB SYEKH AA kepada kita. untuk selalu Cinta ALLAH, Cinta RASULULLAH & Cinta SESAMA.

Dengan cinta kita kepada beliau AL HABIB sudah otomatis sebagai wasilah tumbuhnya Cinta kita kepada Datuk beliau Yaitu RASULULLAH Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam. dan sudah PASTI menjadikan mantabnya Cinta Kita kepada SANG KHOLIQ Yaitu ALLAH Subhanahu Wa Ta’alaa.
Semoga Kita semua dengan ” Rasa Cinta itu Semua “.
Alloh Ta’alaa mencintai kita semua …
Rasululloh mencintai kita semua …
Al Habib Syekh AA mencintai kita semua…
Sehingga …
” Rasa men Cintai dan di Cintai ” selalu bersemayam di lubuk Hati.
” Manfa’at, Syafa’at dan Barokah ” selalu kita dapat fid Dinni wad Dunia ilal Akhirat,
Aminnn… amin amin Yaa Robbal ‘Aalamiin…

Inilah Kutipan Dawuh Beliau, Pembukaan dari FB Resmi “AHBAABUL MUSTHOFA”.
Sekapur sirih dari Beliau AL HABIB SYEKH BIN AA:
=============================

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Al Hamdulillah dengan adanya fasilitas Facebook ini, di Jaringan internet.
kami berharap jadikan komunitas ini wadah yang bermanfaat untuk agama dan bangsa,
serta ummat Mohammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam.
Jadikan diri kalian contoh kebaikan bagi yg lain.
Ambillah manfaat pada setiap kejadian.
Jangan merasa diri kalian lebih baik dari yg lain.
Kesalahan yang di barengi dengan penyesalan
lebih baik… dari pada
kebaikan yang di barengi dengan kesombongan.
Harta yang ada pada kita bukanlah milik kita.
Sesungguhnya milik kita adalah yang kita keluarkan di jalan Allah.
Perbanyaklah bekal untuk menyongsong hari esok.
Akhlaq kalian adalah senjata kalian…
” GEMBIRAKANLAH ROSULULLAH…
DENGAN AMAL DAN AKHLAQ KALIAN,
SEBAGAIMANA ROSULULLAH MEMBELA KALIAN “.
وافتح من الخير كلّ مغلق -oOo- يا ربّ صلّ على محمد

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Berikut Link Resmi “AHBAABUL MUSTHOFA”:
http://ahbabulmusthofasolo.blogspot.com/ ,
http://www.facebook.com/majlis.AHBAABULMUSTHOFA.pusat
http://tinyurl.com/AHBAABUL-MUSTHOFA-PUSAT
http://tinyurl.com/AM-GROBOGAN
http://tinyurl.com/AM-YOGYA
http://tinyurl.com/AM-SRAGEN
http://tinyurl.com/AM-KUDUS
http://tinyurl.com/AM-JEPARA http://tinyurl.com/AM-SEMARANG http://tinyurl.com/AM-WONOSOBO

Link Resmi “SYEKHERMANIA”
http://www.syekhermania.or.id/
http://www.facebook.com/SYEKHERMANIA.PUSAT
http://www.facebook.com/TOKO.SYEKHERMANIA.STORE

Salam Ta’dhim dan Hormat untuk semuanya,Syukron.

(Inisiator : Muhammad Miftahud Dhuha)

– SHOLLU ‘ALAN NABI MUHAMMAD –